Sukses Jalankan Bisnis Saat Masih Langka Pesaing
Anda bisa mencari ide dari bisnis produk atau jasa yang sedang viral karena banyak peminat. Meski begitu, risikonya Anda akan berhadapan dengan banyak pesaing. Atau, Anda bisa meniru pilihan Trio Pranata Hartawan Sim. Ia, justru memulai bisnis kuliner dimana produknya hampir belum ada yang mengembangkannya di Indonesia.
Trio memulai bisnis kuliner taiyaki pada tahun 2019 di sebuah supermarket besar di Jambi, dengan modal awal Rp65 juta. Taiyaki sendiri merupakan kue tradisional Jepang berbentuk ikan yang dianggap “kue keberuntungan” dengan berbagai rasa. Meski disebut kue tradisional Jepang, Trio rupanya mendapat inspirasinya saat sedang berada di Singapura. Keyakinannya memulai bisnis ini di Indonesia adalah saat seorang temannya menjual mesin pembuat taiyaki kepadanya.
“Produknya memang tidak familiar, orang Indonesia familiarnya dengan Takoyaki saja. Produk kita itu bentuknya unik, cuma kasih gambar kue ikan saja orang pada datang. Yang ditawarkan 3, 4, 6, dan 9 pieces dalam satu kantong dengan rasa yang berbeda. Ada kacang merah, cokelat, keju dan vanila. Untuk yang 9 pieces harganya Rp90 ribu, itu kuenya besar-besar," jelasnya.
Menurut Trio, awalnya produk taiyaki hanya dibuat untuk menu tambahan di Tahoo Indonesia. Namun ternyata penjualannya meningkat pesat, akhirnya ia memutuskan menjadikan Taiyaki sebagai sebagai bisnis terpisah dengan brand Ladybee Taiyaki.